Friday, November 11, 2016

TIPS MEMILIH KOS-KOSAN

TIPS MEMILIH KOS-KOSAN
Kali ini saya akan berbagi tips mengenai bagaimana memilih kos-kosan yang baik dan efisien. Berikut beberapa tips yang menjadi rujukan berdasarkan pengalaman saya dan beberapa teman saya.
sumber : http://catatannaya.blogspot.co.id/
Posisi Kos


  •      Lokasi Dekat dengan Kampus atau Tempat Kerja.
     Faktor ini memiliki kelebihan secara geografis yaitu dekat dengan kampus atau tempat kerja. Hal ini memungkinkan apabila dikemudian hari Anda bangun kesiangan, maka setidaknya jarak tempuh untuk kekampus atau ketempat kerja lebih sedikit. Kekurangannya yaitu harga pasti relatif Mahal dan membuat kita relatif menjadi sedikit pemalas. Mengapa hal itu terjadi? Sebab biasanya mahasiswa atau yang sudah bekerja kalau kampusnya dekat maka dia akan menyepelekan waktu dengan kata lain “ah nanti aja masih lama masuknya lagian deket ini dari sini”. Maka tidak heran justru beberapa mahasiswa yang tinggalnya dekat kampus atau pekerja yang dekat dengan tempat ia bekerja malah sering telat.


  • Pilih Lokasi yang dekat dengan Masjid atau tempat Ibadah.


    Mungkin terdengar sok Alim dan sebagainya. Akan tetapi faktanya orang yang merantau tentu pada suatu waktu akan mendapat ujian, kegalauan, atau secara tidak terasa terjerumus kedalam pergaulan yang tidak sesuai dengan norma dan nilai-nilai yang berlaku dimasyarakat. Misalnya saja mahasiswa baru, awalnya sering kumpul dikos-kosan sampai dini hari bahkan pagi alias lupa waktu. Tapi ketika dekat dengan masjid setidaknya kita akan mendengar panggilan shalat atau Adzan yang secara tidak kita sadari akan membantu membentuk karakter dan kehidupan kita agar lebih tertata dan disiplin.

  •           Kamar Tidak Lembab Atau Dinding Berjamur dan Silkurasi Udara bagus
      Hal ini jangan dianggap sepele, bukan berarti sok bersih dan sebagainya. Kos-kosan adalah tempat tinggal dan tempat kita menghabiskan waktu keseharian kita di daerah perantauan. Kalo setiap hari kita hidup ditempat yang lembab dan kualitas udara yang kurang baik, maka secara kesehatan jangka panjang akan terancam. Jangan berprinsip “Asal Cari Murah”, saya paham ketika tidak uang yang mau gimana lagi. Akan tetapi, coba pertimbangkan misalkan murah tetapi kalau mengancam kesehatan kita maka hal itu sama saja kita boros, karena ujung-ujungnya sakit dan masuk rumah sakit dengan biaya tinggi. Mungkin sakitnya bisa pas ketika masih menghuni kosan tersebut atau ketika sudah keluar.

  • Lokasi Jauh dari Kampus atau Tempat kerja.
      Tips ini sangat cocok bagi mereka yang merantaunya membawa atau memilki kendaraan pribadi. Kos-kosan jenis ini secara harga tentu lebih murah dan lebih bagus serta secara lingkungan biasanya bersuasana desa atau masih belum padat penduduk.

  •  Pastikan Fasilitas MCK Memadai
     Hal ini penting agar kesehatan kita terjaga. Biasanya masalah terbesarnya adalah para penghuni kos malas untuk membersihkannya. Apalagi kalau komunikasi antar penghuni kos kurang akrab. Solusinya berprinsiplah “SAYA MEMAKAI KAMAR MANDI INI JADI SAYA MEMBERSIHKANNYA” dan pakailah tulisan agar saling menjaga kebersihan seperti “Alas Kaki harap dibuka” dsb. Jangan berfikir “halah paling meskipun dikasih tulisan tetap saja sandal atau sepatunya dibawa masuk”. Biarkan dia sadar sendiri yang penting kita ikhlas, justru itub menjadi ladang bagi kita untuk berbuat baik.

  •           Sesuai budget / Anggaran
     Tidak peduli kos itu bagus atau jelek selama hal itu sesuai dengan anggaran kita ya “its oke”. Tapi hal ini jangan dijadikan prinsip utama.


     Demikian tips dari saya, sebenarnya banyak faktor lainnya akan tetapi saya rasa itu yang lebih dominan. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang didaerah perantauan semoga sukses. Amin...(Zaenal)

No comments:

Post a Comment

CARA MENGUNCI ATAU MEMPROTECT EXCEL

CARA MENGUNCI ATAU MEMPROTECT EXCEL  Bagi Anda para pebisnis, akademisi, maupun profesi lainnya yang berkaitan dengan program excel k...